Cara Promosi Produk Yang Efektif di Internet Untuk Meningkatkan Penjualan

cara promosi produk yang efektif di internet

Seiring dengan majunya teknologi serta semakin tersebar luasnya jaringan internet, cara mempromosikan suatu produk (barang dan jasa) juga ikut berevolusi menyesuaikan dengan kemajuan zaman.

Hal inilah yang menuntut anda sebagai pemilik usaha harus menyesuaikan diri dan mencari cara yang paling efektif dalam memasarkan produk yang anda miliki sehingga dapat meningkatkan penjualan. Jika tidak, bisnis anda akan tergerus oleh ketatnya persaingan.

Saatnya Menggunakan internet Untuk Mempromosikan Produk.

Sampai saat ini pengguna internet di Indonesia sudah lebih dari angka 88 juta pengguna aktif dan terus meningkat setiap tahunnya. Itu artinya internet merupakan pasar yang sangat potensial bagi anda.

Tak heran jika banyak perusahaan-perusahaan besar, UKM, pelaku bisnis, serta individu mulai beralih menggunakan internet untuk menjual serta mempromosikan setiap produk yang dimilikinya.

Selain dianggap sebagai salah satu cara promosi produk yang paling efektif, mempromosikan suatu produk secara online juga dapat memperluas jangkauan pemasaran sampai keseluruh penjuru negeri tanpa memakan biaya promosi yang besar.

Semakin banyak orang (target market) yang mengetahui produk anda, maka peluang terjadinya conversi penjualan juga ikut meningkat.

Pertanyaannya sekarang….

Bagaimana cara promosi produk yang efektif di internet?

Ada begitu banyak cara yang dapat digunakan untuk mempromosikan barang dan jasa di internet, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Dalam artikel ini penulis akan menyampaikan beberapa opsi cara promosi produk di internet yang dinilai paling tepat dan efektif untuk anda gunakan karena memiliki tinggkat keberhasilan cukup tinggi dalam meningkatkan penjualan suatu produk.

Berikut ini beberapa strategi pemasaran produk secara online untuk meningkatkan penjualan yang dapat anda coba :

Promosi Produk Menggunakan Sosial Media

cara promosi produk di sosial media
Perusahaan-perusahaan besar saja menggunakan sosial media untuk memasarkan produknya, kenapa anda tidak?

Tahukah anda, statistik yang di terbitkan oleh situs WeAreSocial menyampaikan bahwa 90 persen dari total pengguna internet di Indonesia adalah pengguna aktif di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram Path dan lain-lain.

Melihat data tersebut, anda dapat memanfaatkan situs sosial media untuk mempromosikan produk dan berinteraksi dengan para audience yang menjadi targer market anda.

Sebagai contoh sosial media yang dapat dijadikan wadah atau tempat berjualan dan mensosiallisasikan produk di internet adalah Facebook.

Tempat promosi produk secara online yang paling banyak digunakan oleh pemilik usaha atau bisnis adalah Facebook. Dikarenakan jejaring sosial satu ini paling banyak penggunanya, mudah dan praktis digunakan sehingga di anggap sebagai tempat promosi yang efektif di internet.

Cara memasarkan produk menggunakan jejaring sosial Facebook bisa dilakukan melalui status Facebook, fanspage dan Facebook ads (bayar).

Gunakan Website dan Blog Untuk Promosi Produk

Jika anda ingin fokus memasarkan produk anda lewat internet dan punya modal lebih, saya sangat menyarankan untuk membuat sebuah website bisnis dan blog.

Website bisnis ini berguna untuk memberikan informasi tentang profil perusahaan, informasi produk, serta untuk menerima order dari pembeli.

Sedangkan blog berguna untuk mencari dan mengarahkannya calon konsumen ke website bisnis anda.

Jika memang belum punya modal lebih, untuk sementara waktu gunakankan blog gratisan saja dulu.

Anda bisa mengawalinya dengan membuat blog gratis di blogger.com atau wordpress.com untuk digunakan sebagai tempat mempromosikan produk di internet.

Setelah blog anda siap, isi blog tersebut secara konsisten dengan konten yang menarik, berkualitas baik dan mensosialisasikan blog tersebut di jejaring sosial, forum, situs Tanya jawab dan sebagainya.

Tujuannya yaitu untuk menjaring calon pembeli yang berselancar di internet mencari informasi seputar produk yang anda jual di search engine seperti Google, Yahoo, MSN Dll.

Memang, cara promosi produk di internet menggunakan blog cukup efektif tapi ada tantangannya. Tantangannya adalah anda harus berusaha menempatkan blog anda diposisi yang strategis di mesin pencari (search engine).

Dengan begitu, mereka (orang-orang yang mejadi target market anda) bisa menemukan blog promosi tersebut dengan mudah di internet. Sehingga potensi terjadinya deal penjualanpun terbuka lebar.

Untuk sementara khusus mengenai panduan cara membuat blog dan mempromosikannya dapat anda temukan di blog-blog yang mengajarkan ilmu tentang blogging.

Promosi Produk di Forum Online

Forum juga merupakan tempat yang efektif dalam memasarkan suatu produk di internet. Dikarenakan forum adalah tempatnya orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama berkumpul.

Sehingga, ketika anda menawarkan barang dan jasa yang sesuai dengan minat member forum tersebut, maka peluang terjadinya penjualan terbuka lebar. Kenapa demikian?

Karena anda mempromosikan produk tersebut tepat sasaran yaitu kepada orang-orang yang membutuhkannya.

Itulah alasan kenapa berpromosi di forum online merupakan salah satu cara promosi produk yang efektif di internet.

Jika ingin mencoba cara promosi produk di internet yang satu ini, tugas anda sekarang adalah mencari forum-forum online yang ada kaitannya dengan produk yang anda jual setelah itu ikuti 4 langkah berikut ini:

1. Daftarkan diri anda.
2. Perkenalkan diri anda.
3. Buat interaksi dengan member forum tersebut,
4. Perkenalkan dan tawarkan produk anda kepada mereka.

Promosi Produk di Marketplace

Cara yang paling mudah, cepat dan gratis dalam ajang promosi produk di internet ialah dengan memanfaatkan situs jual beli atau juga dikenal dengan istilah marketplace.

Berjualan di marketplace potensi dibeli cukup besar apalagi produk yang anda tawarkan bisa bersaing dengan produk-produk sejenis milik vendor lain.

Ada banyak situs marketplace terkenal yang bisa anda gunakan seperti olx.co.id, bukalapak.com, tokopedia.com, elevania.com dan masih banyak lagi yang lainnya.

Daftarkan diri anda disana, buat penawaran yang berisikan informasi sedetil mungkin mengenai produk dan berikan juga informasi kontak seperti nomor telepon anda.

Pasang iklan di Google Adwords dan Online Advertising Network Lainnya

Jika anda memiliki biaya khusus untuk promosi produk, saya sarankan untuk mempromosikan produk anda di situs online advertising seperti Google Adwords.
cara promosi produk di internet

Google Adwords merupakan online advertising milik Google khusus dibuat untuk perusahaan, pemilik usaha atau pemilik bisnis yang ingin mengiklankan produknya di search engine dan advertising network milik Google.

Menggunakan Google Adwords merupakan salah satu cara promosi produk yang efektif di internet dan sudah terbukti dapat meningkatkan penjualan. Bagaimana tidak, selain iklan anda muncul di hasil pencarian suatu kata kunci di google, iklan anda juga akan ditampilkan di blog para blogger dan webmaster yang terdaftar sebagai publisher Google.

Metode permasaran seperti ini disebut juga dengan istilah SEM (search engine marketing).

Selain di Google Adwords, masih banyak situs jaringan periklanan online lain yang bisa anda gunakan untuk memasarkan barang dan jasa. Salah satu contohnya untuk pasar Indonesia adalah kliksaya.com.

Sistem kerja  kliksaya.com hampir sama dengan Google Adwords namun yang membedakannya iklan anda tidak tampil dihalaman google search melainkan hanya tampil pada weblog milik blogger dan webmaster yang bekerja sama dengan situs periklanan tersebut.

Gunakan Paid Review Untuk Promosi Produk

Paid review artinya kita membayar seseorang untuk membuat ulasan di blognya mengenai bisnis dan produk yang kita jual.

Cara yang paling efektif digunakan agar hasilnya memuaskan adalah menyewa jasa review dari para blogger yang kualitas blognya diatas rata-rata, sesuai dengan niche produk anda serta banyak pengunjungnya.

Anda bisa mencari para blogger yang menyediakan jasa review dengan cara googling atau mencari di forum seperti ads.id. Jika sudah ketemu, hubungi dan buat kesepakatan dengan blogger tersebut.

Mengenai berapa besarnya biaya jika anda gunakan cara promosi yang satu ini itu tergantung harga yang ditetapkan oleh blogger tersebut atau kesepakatan yang anda buat dengan dia.

Apa Hanya Itu Cara Promosi Produk Yang Efektif di Internet?

Sejujurnya masih ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mempromosikan suatu produk entah itu berupa barang ataupun jasa.

Namum untuk sementara, anda bisa memcoba semua cara promosi produk yang sudah saya sampaikan diatas.Jika merasa masih kurang, silahkan cari lagi di internet mengenai cara promosi produk yang efektif dan cara meningkatkan penjualan.

Akhir kata ...

Sebagus apapun strategi promosi yang anda lakukan jika tidak dilakukan secara serius dan konsisten maka tidak akan pernah mencapai tujuan dari promosi tersebut. Oleh karena itu, terus fokus lakukan promosi secara konsiten sampai produk anda laku terjual dan target penjualanpun tercapai.

Kalau memang belum berhasil, coba lakukan evaluasi terhadap cara promosi yang telah anda lakukan sebelumnya dan temukan dimana letak kesalahannya.

Semoga apa yang saya sampaikan tersebut bermanfaat bagai perkembangangan bisnis anda... dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman yang lainnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Promosi Produk Yang Efektif di Internet Untuk Meningkatkan Penjualan"

Post a Comment